Langsung ke konten utama

5 Oleh Oleh Garut Terpopuler

http://oleholehgarut.com/
Tiap daerah pasti punya oleh-oleh khas yang unik. Karena itu setiap kali kita berkunjung ke suatu daerah pasti ingin cari oleh-oleh, baik untuk dinikmati sendiri ataupun untuk diberikan kepada kerabat ataupun teman. Meskipun kota ini kecil, akan tetapi memiliki sejuta keunikan dan keragaman yang terkenal se Indonesia.

Demikian pula dengan Garut yang meskipun kotanya tidak terlalu besar namun ada banyak objek wisata, makanan serta oleh-oleh khas Garut yang jangan sampai dilewatkan. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa oleh oleh garut yang terkenal populer, berikut ulasannya :

Dorokdok & Kerupuk Kulit

Garut merupakan salah satu centra penghasil kerajinan kulit terbesar di Indoenesia, selain kulit tersebut dibuat menjadi kerajinan tangan seperti jaket, tas, sepatu, dan lain-lain. Kulit tersebut dibuat juga sebagai makanan seperti kerupuk kulit dan dorokdok, kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau sedangkan dorokdok terbuat dari kulit sapi.

Itulah 5 Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Diburu yang sudah kami rangkum untuk anda, sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh khas Garut yang lainnya. Tunggu update'an artikel selanjutnya.

Buka Juga Mengenai Tempat Oleh Oleh Garut Terlengkap

Rangginang

Ranginang atau rangginang merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari bahan ketan yang setelah dikukus, dibumbui, dibentuk bulat kemudian dijemur selama berhari-hari. Setelah benar-benar kering barulah digoreng ulang sehingga hasilnya cemilan garing kriuk-kriuk.

Rangginang di Garut bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh, ada yang sudah digoreng namun ada juga yang masih mentah dan harus digoreng sendiri. Saat ini sudah banyak varian rasa rangginang yang juga berwarna-warni.

Opak Bungbulang

Cemilan yang satu ini sejenis kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Bahan dasarnya adalah tepung yang dicampur bumbu, gula, garam kemudian dicampur air sehingga menjadi adonan yang lunak. Setelah dibuat lembaran tipis kemudian dijemur hingga kering dan dibakar di atas perapian.

Opak yang terkenal di Garut adalah Opak Bungbulang yang merupakan nama kecamatan di bagian selatan Garut. Tapi tidak perlu jauh-jauh ke sana kalau mau beli opak, sudah ada di toko oleh-oleh mana saja diGarut/Cipanas.

Chocodot

Dodol Garut kemudian di kembangkan oleh anak muda asal Garut, dengan membuat Chocodot yaitu coklat isi dodol, dimana dodol khas garut dibalut dengan coklat, Chocodot merupakan makanan khas Garut yang baru-baru ini berkembang dan menjadi oleh-oleh khas kota Garut Jawa Barat.

Dodol Garut Picnic

Garut memang identik dengan dodolnya, tak lengkap jika kita sedang berkunjung ke Garut kalau tidak membawa pulang oleh-oleh dodol khas Garut ini. Dodol garut merupakan cemilan khas Sunda dari kota Garut Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dodol Garut yang bisa kita temui disana, diantaranya dodol wijen, dodol dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol mangga, dodol durian, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ada banyak sekali merk atau jenis dodol Garut yang bisa didapatkan di hampir seluruh penjuru kota Garut & Cipanas. Tapi, salah satu merk dodol yang paling terkenal dan sudah ada dari dulu adalah Dodol Picnic.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - Macam Cemilan Khas Garut

Oleh Oleh Garut Harus diakui bahwa kota Garut ini memiliki segudang makanan yang luar biasa. Disamping kota Garut ini terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik kota Garut ini juga banyak dikenal wisatawan dengan oleh-oleh dan makanan khasnya yaitu Opak Dorokdok dan Kerupuk Kulit. Opak Bungbulang memiliki keistimewaan yang berbeda dengan daerah lainnya keitimewaan Opak Bungbulang ini terletak pada rasa cara pembuatannya dan bentuknya yang lebih menarik dibanding opak dari daerah lainnya. Mempertahankan cita rasa yang khas dan unique membuat oleh-oleh Bungbulang hingga kini masih tetap berproduksi bahkan oleh-oleh Bungbulang cukup dikenal luas baik di wilayah Jawa Barat bahkan katanya oleh-oleh Bungbulang play on words mempunyai pasar di beberapa wilayah luar Jawa. Bungbulang adalah nama daerah yang berada di kota Garut Jawa Barat. Seperti umumnya opak Opak Bungbulang terbuat dari bahan beras ketan saripati kelapa dan garam secukupnya. Cara membakarnya persis membakar satiate

Kelebihan Dodol Garut dan Chocodot Garut

Siapa yang tak kenal dodol, sebuah panganan manis legit yang berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya di Garut, Jawa Barat dengan bentuk yang agak kenyal dan berbagai jenis rasa yang beragam. Saya pertama kali mengenal dan mencicipi dodol ketika masih TK. Saat masih kecil saya sering diberi oleh-oleh dari keluarga yakni Dodol Garut, yang saya tahu pada saat itu bahwa makanan ini bernama Dodol Garut yang terbuat dari gula aren/gula merah karena warnanya merah kecoklatan. Ternyata kata “Garut” merupakan nama Kota dimana “Dodol” itu dibuat. Sejak saat itu saya punya keinginan untuk membeli Dodol langsung di Kota asal pembuatannya yakni di tanah Sunda Kota Garut, Jawa Barat. Bahan utama pembuatan dodol ialah gula merah, santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, dan garam dengan ukuran paling umum adalah 2 cm x 1 cm x 3 cm yang dibungkus plastik atau kertas roti, dodol dengan bahan ini merupakan dodol original karna dari dodol ini bisa dihasilkan berbagai macam varian dodol. September, 20

Makanan Dari Garut Selatan (Opak Bungbulang)

Oleh Oleh Garut KABUPATEN Garut memang kaya Akan kuliner dan oleh-oleh khasnya. Sejumlah oleh-oleh khas Garut selain dodol itu juga sudah terkenal hingga ke kota-kota besar di country. Di antaranya adalah opak Bungbulang wajit Cisompet keripik kentang Cikajang dan comring Banjarwangi. Opak bungbulang terbuat Iranian ketan berkualitas tinggi saripati kelapa dan garam. Opak ini memiliki rasa principle khas renyah dan nikmat di lidah. Cara memasak opak Bungbulang adalah dibakar di perapian. Bungbulang sendiri merupakan nama kecamatan di Garut principle telaknya berada di wilayah selatan. Selain terkenal dengan opaknya Kecamatan Bungbulang juga menjadi sentra batu akik Garut principle fenomenal. Bungbulang juga memiliki sejumlah tempat wisata pantai principle indah. Comring Banjarwangi meskipun belum populer seperti opak Bungbulang namun pantas masuk daftar oleh-oleh khas Garut. Comring Banjarwangi pertama kali dikenalkan oleh Pak Maman Gembol. Di tangan Pak Maman singkong diubah menjadi